PUTRA KOMPUTER

Menerima Komputer Pc ( Instal windows,truble,Hadware&software,Laptop & Note Book : (Software & Hadware) Printer ( blingking,cadtrid ruksak dll)Hardisk ( ga bisa di format, Bad sektor,dll Monitor/LCd NSTALLASI WINDOWS & SOFTWARE INSTALLASI BILLING WARNET SETTING JARINGAN LAN ( NETWORKING )SETTING THIN CLIENT / PC STATION PERAWATAN HARDWARE & SOFTWARE SHARING DATA & PRINTER MAINTENANCE & REPAIR telp. 085722714555

like yah

Sabtu, 16 Juli 2011

PROPOSAL KOMPUTER FOR LAB BAHASA


PENDAHULUAN
Pengantar

Suatu babak baru dalam zaman modern ini telah datang,dimana kita sangat bergantung pada informasi. Negaranegara maju secara ekonomi, menempatkan informasi dan teknologinya sebagai salah satu point terpenting didalam mempercepat proses transformasi dibidang perekonomian dan kehidupan dinegaranya. Dengan penguasaan teknologi informasi yang baik,mereka mampu mensinergikan teknologi informasi tersebut dengan sektor atau bidang lainnya seperti pertanian, kelautan, kesehatan,pemerintahan, perekonomian, pendidikan, dan lain-lain, guna memberikan nilai tambah atau meningkatkan kesejahteraan penduduk
di negaranya. Bagaimana dengan negara kita? Saat ini penggunaan teknologi informasi mulai marak dinegara kita, terutama disektor industri. Namun, dari segi pemanfaatannya, masih
belum maksimal. Tidak maksimalnya pemanfaatan teknologi informasi ini, salah satunya disebabkan karena kurang siapnya sumber daya manusia dalam menggunakan, memanfaatkan dan mengantisipasi perkembangan teknologi informasi tersebut. Selain itu, perkembangan
teknologi informasi yang pesat serta sifatnya yang global, akan semakin sulit dipelajari bila tidak didukung oleh kemampuan penguasaan bahasa asing. Bahasa sebagai salah satu bentuk alat
penyampaian informasi merupakan elemen kunci bagi penguasaan teknologi informasi.

Peran serta sektor pendidikan dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia dibidang teknologi informasi dan bahasa dapat menjadi solusi bagi hal tersebut diatas. Oleh karena itu diperlukan suatu tindakan pengenalan dan pembelajaran sejak dini terhadap teknologi
informasi dan bahasa asing disekolah-sekolah. Guna tercapai tujuan diatas, banyak sekali hal yang perlu disiapkan diantaranya, sarana prasarana dan juga metoda pengajaran. Seperti,
penyediaan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa disekolah-sekolah. Besarnya biaya yang diperlukan untuk menyiapkan sarana prasarana seperti, ruang, peralatan lab, dan materi pengajaran menimbulkan ketimpangan atau tidak semua sekolah mampu menyediakan fasilitas tersebut diatas. Masalah yang muncul tersebut tentunya bukan lantas menyurutkan langkah kita untuk turut serta meningkatkan kualitas sistem pendidikan dinegara kita, melainkan menjadi salah satu pemacu agar kita dapat mencari solusi dari masalah tersebut, karena peningkatan kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Kami sebagai pengembang perangkat lunak (software developer) telah bekerja keras guna mencari pemecahan masalah tersebut, dan kami berhasil mengembangkan suatu sistem beserta perangkat lunaknya
(software) sebagai suatu solusi efektif bagi masalah diatas. Yaitu dengan memanfaatkan Computerized Laboratories System yang telah dilengkapi oleh perangkat lunak Teaching Lab.

Teaching Lab adalah software yang dibuat untuk mengoptimalkan kemampuan laboratorium komputer agar dapat pula berfungsi sebagai laboratorium bahasa dan laboratorium pengajaran
berbasis komputer. Tujuan dari dikembangkannya aplikasi ini adalah untuk mengoptimal lab kompute yang ada sehingga bisa berfungsi sebagai laboratorium bahasa dan lab pengajaran multimedia lainnya. Dengan adanya aplikasi ini suatu sekolah, perguruan tinggi, lembaga pendidikan tidak perlu lagi untuk membangun sebuah laboratorium komputer dan sebuah laboratorium bahasa/multimedia. Cukup dengan membangun laboratorium komputer (computerized laboratories system) yang telah dilengkapi oleh software Teaching Lab, maka sekolah, perguruan tinggi atau lembaga pendidikan telah memiliki laboratorium komputer sekaligus juga laboratorium bahasa/ lab pengajaran multimedia.

Tujuan
Implementasi lab bahasa digital dilkukan dengan sejumlah tujuan sebagai berikut :

1. Mempersenjatai setiap siswa untuk keberhasilan, yaitu dengan cara membuat siswa menjadi akrab dengan komputer dan perkembangan teknologinya (pengenalan sejak dini terhadap
teknologi informasi).

2. Proses pembelajaran berbagai bahasa asing dan pembelajaran berbasi multimedia dengan lebih baik. Yaitu dengan memanfaatkan kemampuan komputer dalam mengolah gambar
dan suara.

3. Efisiensi dalam penyediaan peralatan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa/multimedia.

4. Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi sebagai salah satu alat untuk menyempurnakan model/metode pengajaran dan pembelajaran.

Ruang Lingkup Pekerjaan
Pada pengerjaan Implementasi Lab Bahasa Digital ini ini
terdapat beberapa bagian pekerjaan, yaitu :
· Instalasi aplikasi Teaching Lab
· Pelatihan Pengguna
· Pemasangan jaringan komputer (optional)

B A B
GAMBARAN SISTEM
Deskripsi Produk

Teaching Lab adalah software yang berfungsi untuk mengoptimalkan kemampuan laboratorium komputer agar dapat pula berfungsi sebagai laboratorium bahasa/lab pengajaran
multimedia. Tujuan dari dikembangkannya aplikasi ini yaitu untuk menghemat biaya pembangunan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa/multimedia. Dengan adanya aplikasi ini sekolah, perguruan tinggi dan lembaga pendidikan dapat memiliki laboratorium komputer sekaligus juga laboratorium bahasa/ multimedia. Fitur-fitur yang terdapat pada software Teaching Lab ini sesuaidengan fitur-fitur peralatan lab bahasa pada umumnya, bahkan ada beberapa fitur yang tidak terdapat pada peralatan lab bahasa standar. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini diantaranya:

1. Materi pengajaran dapat berbentuk digital baik audio dan video (lab bahasa konvensional materi berbentuk audio analog/kaset, untuk video diperlukan peralatan tambahan). Pada lab bahasa konvensional sering terjadi gangguan mekanik pada pemutar kaset materi. Hal ini menyebabkan biaya kepemilikkan dari materi pengajaran menjadi besar. Pemakaian yang berulang-ulang dapat mengakibatkan sering terjadinya kerusakan pada pita kaset. Dalam format digital hal ini tidak akan terjadi.

2. Terdapat fungsi untuk Manajemen atau pengaturan materi pengajaran, guru tidak perlu bingung memilih kaset materi saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.

3. Terdapat fitur komunikasi langsung antara pengajar dengan seorang siswa atau seluruh siswa serta pengelompokkan siswa/grouping.

4. Kemudahan dalam updating materi pengajaran dan dalam pembuatan materi pengajaran sendiri. Materi pengajaran dapat berbentuk audio/video, teks atau e-book.

5. Terdapat fitur dimana siswa dapat memilih sendiri materi yang akan dipelajari.

6. Penggunaan software yang mudah, diharapkan akan membantu meningkatkan proses belajar dan mengajar yang efektif.

7. Terdapat fitur kendali PC sehingga siswa selalu fokus pada pelajaran yang diberikan oleh guru. Guru dapat memonitor PC siswa dan mengunci tombol komputer siswa.
8. Terdapat modul examination/test dalam bentuk multiple choiceatau benar salah, dimana hal tersebut tidak terdapat dalam lab bahasa konvensional.
9. Serta masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.
Skema Jaringan

Skema peralatan dan jaringan yang diperlukan untuk mengoperasikan Teaching Lab yaitu menggunakan topologi jaringan berbentuk star yang saat ini sangat umum digunakan, seperti
gambar dibawah ini:
lab bahasa

Perangkat Keras
Perangkat lunak Teaching Lab berjalan dalam sebuah jaringan
komputer dengan spesifikasi perangkat keras sebagai berikut :
a. Master Control
b. Jaringan Komputer
Semua PC terkoneksi dalam sebuah jariangn komputer, dengan kabel
atau tanpa kabel.


Tampilan Sistem
Sistem terdiri dari modul Server (diinstal di server) dan
modul klien (diinstal di workstation). Tampilan sistem baik di
server (guru) maupun di workstation (siswa) sbb. :
Tampilan di konsol guru
Tampilan di siswa


Setting dan Layout Lab
Proses set up agar komputer pengajar dapat berinteraksi dengan komputer siswa, dengan mudah dilakukan dikomputer pengajar yaitu hanya dengan memasukkan alamat/protocol komputer siswa (IP Address). Selain itu setting penomoran komputer siswa dapat disesuaikan dengan layout penempatan komputer pada kondisi sebenarnya misalkan: memanjang, berbentuk setengah lingkaran, dll sperti gambar dibawah ini. Kemampuan aplikasi ini dapat berkomunikasi sampai dengan 40 komputer siswa. layout di layar guru/siswa layout fisik lab bahasa variasi layout variasi layout


Manajemen Materi Belajar
Pengaturan materi pengajaran sangat mudah dilakukan dan sangat fleksibel. Materi dibedakan antara Audio/Video, Halaman Belajar, e-Book dan Tes Online. Berdasarkan kelompok ini
Anda dapat susun sesuai dengan kebutuhan.
Display Materi
Pengajar dapat mengetahui materi (audio dan video) yang sedang aktif dikomputer siswa, karena pada aplikasi yang ada dipengajar telah dilengkapi dengan media player.
Tab Audio Video
Tab Pages
Tab E-books

Panel Kendali
Pada Kontrol panel ini terdapat tombol-tombol (button) yang berfungsi untuk mengatur sesi materi. Anda dapat memilih tombol kendali yang sesuai dengan kebutuhan.

Komunikasi
Software ini telah dilengkapi dengan mekanisme interaksi antara guru dengan siswa. Guru dapat berbicara dengan seluruh siswa atau hanya dengan seorang siswa. Begitu juga
sebaliknya, siswa dapat bertanya/berkomunikasi dengan guru. Bila diperlukan, dapat pula diaktifkan group conference yang memungkinkan diskusi dalam sebuah kelompok.
Modul Ujian
Salah satu keistimewaan dari aplikasi ini yaitu telah adanya modul untuk ujian dalam bentuk multiple choice. Scoring otomatis dilakukan setelah siswa selesai mengerjakan ujian. Hasil ujian
dapat disimpan ke format Excel untuk diproses lebih lanjut.

Mengendalikan PC Siswa
Jika diperlukan, guru dapat mengunci PC siswa sehingga PC tidak dapat digunakan untuk lainnya. Dengan cara ini, siswa akan fokus pada pelajaran yang diberikan oleh guru. Kombinasi Lock All Keyboard dan Desktop Splitter akan menyebabkan tampila di PC guru akan sama dengan tampilan di layar PC Siswa.
B A B
Spesifikasi Hadrware Komputer Untuk Lab Bahasa

komputer untuk Lab Bahasa
Computer Pentium 4
Motherboard Cipset Intel
Processor  Pentium 4 2,8 Ghz
Memory ddr 1 Gb
Hardisk 80 Gb
Cassing Atx 450 Watt
Keyboard ,Mouse,Headset
Led  Advan 15’6 in
LAB BAHASA








System Jaringan (Hardware)

TPLINK
1.Switch Hub 16 Port  TPLINK



KABEL BELDEN



1.Roll Kabel Belden CAT






System Jaringan (Hardware)

1 Box Konektor RJ45
Instalasi Jaringan


Ups 600 va 
UPS



HARGA HARDWARE KOMPUTER LAB BAHASA

PER 10 UNIT  (PAKET) Rp.20.000.000
Sudah termasuk Alat Jaringan,Ups,dll

Untuk software
Biaya Implementasi
Biaya implementasi berikut pengadaan perangkat sistemnya
diberikan di bawah ini.

1 Sistem Teaching Lab– Versi Server 3.500.000 Konsol utama untuk guru
2 Sistem Teaching Lab– Versi Client 1.000.000/PC Mendukung 40 unit PC
3 Pelatihan 2.500.000 Selama 2 hari kerja

Harga Perpaket 10 unit + server + Rp.16.000.000

TOTAL HARGA HARDWARE DAN SOFTWARE  PER 10 UNIT  Rp.36.000.000

Biaya di atas tidak termasuk :
  • Biaya pengadaan perangkat lunak di luar sistem seperti sistem
  • operasi MS Windows atau aplikasi lainnya (pengolah audio/video).

  • Biaya instalasi jaringan dan pengadaan perangkat keras yang
  • diperlukan.

  • Biaya transport dan akomodasi untuk implementasi di luar Bandung.

  • PPN 10%.

Untuk Info lebih Jelasnya Hub Bengbeng di :082119464444 / 083821159444
Atau melalui E-mail/fb  bengbengfh@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share It

Translate

Pencarian

Memuat...

Fish